UML (Unified Modeling Language) adalah
sebuah "bahasa" yg telah menjadi standar dalam industri untuk
visualisasi, merancang dan mendokumentasikan
sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model
sebuah sistem.
- Dalam pengembangan software berbasis Object-Oriented pasti sering terjadi adanya masalah-masalah.
- Pemecahan masalah utama dari Object Oriented biasanya dengan penggambaran dalam bentuk model (Domain Modelling).
- Oleh karena itu orang-orang yang berminat dalam mempelajari UML harus mengetahui dasar-dasar mengenai Object Oriented Solving.
Memahami istilah dalam OOP /
PBO
- Obyek : komponen di dalam sebuah program
- Property : karakteristik yang dimiliki obyek
- Method : aksi yang dapat dilakukan oleh obyek
- Event : kejadian yang dapat di alami oleh obyek
Apa Itu Model ?
- Lebih kecil ukurannya
- Tampak sama dengan aslinya
- Dibuat dengan bahan yang berbeda
- Melakukan sesuatu yang sama dengan tiruannya
Tahapan Pembuatan Model
Domain
- Pada tahap ini jangan dipikir terlalu dalam hal2 terkait atribut-atributnya. fokus saja pada objek utama
- Cukup ada ”generalization (is a)” dan “aggregation (has a)” relationship
- Lakukan dalam waktu yang terbatas, karena domain model belumlah final, bisa berubah sesuai tahapan saat proses pemodelan berlangsung
- Domain model berbeda dengan data model, jangan terjebak pada aliran data.
3+1 Komponen Utama Model
Domain
- Domain Classes - Setiap Kelas Domain menunjukkan jenis obyek
- Attributes - Entitas
- Associations - Relasi antara dua buah kelas domain atau lebih.
- Additional Rules - Aturan kompleks yang tidak dapat ditampilkan dengan simbologi maka ditampilkan dengan catatan terlampir.
Contoh Model Domain
Sederhana
0 komentar:
Posting Komentar