Kamis, 11 Oktober 2012

TIK Pesantren


“KONSEP BELA NEGARA PESANTREN BERBASIS DAKWAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM RANGKA MENCIPTAKAN MASYARAKAT INDONESIA YANG BERAKHLAQUL QARIMAH DAN BERBUDI PEKERTI YANG BAIK” sebuah kegiatan yang akan saya ceritakan menggenai penggalaman saya yang ikut dalam kegiatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) masuk Pesantren bersama para tim relawan TIK UPN. Kegiatan ini menyambung kerja sama antara pihak UPN “Veteran Jawa Timur dengan Majelis Muwasholah dan Pihak Kementrian Komunikasi dan Informasi (KEMKOMINFO) serta disupport oleh pihak PT. Telkom Indonesia. Kegiatan ini direncanakan akan mengunjungi 8 titik pondok pesantren di Jawa Timur. kegiatan pertama, diawali dengan pelaksanaan TOT (Treaning Of Treaner) selama 2 hari oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim di Tretes Pandaan yang tepatnya bertempat di Plasa Telkom Pandaan di sini tim dibagi menjadi beberapa kelas yaitu Sosial Media, Hardware dan Streaming dan saya masuk dalam kelas Hardware.
    Pelaksanaan kegiatan kedua yang berhubungan dengan pelaksanaan TIK masuk pesantren diadakan di  pondok pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo disini selama 3 hari saya bertugas sebagai treaner untuk kelas Hardware dan Jaringan Komputer. Kegiatan yang diikuti oleh 8 perwakilan pondok pesantren dari 8 titik di Jawa Timur ini melibatkan 16 orang dari perwakilan pondok yang di training oleh para tim TIK UPN dan dibantu oleh pihak PT. Telkom Indonesia.
     Menyambung dari semua kegiatan diatas Pelaksanaan Kegiatan workshop kedua ini diadakan di Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban, Dengan konsep yang sama pelaksanaan workshop di ponpes langitan ini menjadi awal dari 8 titik pondok yang akan dikunjungi di Jawa Timur. Workshop selama 3 hari ini diikuti oleh 30 perwakilan pondok yang berada di wilayah pantura dan sekitarnya. Bersama tim dari TIK UPN kali ini saya bertindak sebagai treaner di kelas Streaming, di kelas streaming kali ini saya menjelaskan tentang pembuatan live streaming dan radio streaming dari sini diharapkan ilmu yang diberikan dapat dimanfaatkan oleh para santri untuk mengembangkan teknologi informasi di lingkungan pondoknya. 
   Menyambung kegiatan workshop ketiga, pelaksanaan kegiatan bertempat di Pondok Pesantren Al- Haramain Sampang Madura di titik ini diundang dan dihadiri oleh 24 pondok pesantren dari berbagai penjuru Madura dari kota bangkalan sampai dengan kota sumenep dengan kegiatan yang sama  yaitu workshop. Di sini kelas kembali di bagi menjadi kelas live Steaming & Radio Streaming beserta kelas Sosial Media. Di sini saya tetap menjadi treaner untuk kelas Streaming bersama tim TIK UPN dan Perwakilan dari PT. Telkom. Selama 3 hari para santri tetap diajarkan tentang cara pembuatan video live streaming dan pembuatan radio streaming beserta praktik dengan anggapan setelah selesai melaksanakan workshop para santri dapat menerapkan ilmu yang dipelajari selama mengikuti workshop.

2 komentar:

  1. Semoga ilmunya dapat membagun Indonesia yang lebih baik! Salam blogger!

    BalasHapus